December 6, 2010

A Brief History of Graffiti

Illustrator : W. Dania
Penerbit : Wild Drawing Comic

Pembelajaran sejarah lebih menarik untuk dikaji melalui gambar (tentu saja selain melalui audio visual). Sejarah tidak lagi membosankan, tidak melulu berisi teks-teks panjang sehingga menjadi lebih mudah terbayang dan menyenangkan. Tanpa kreativitas dalam penyampaiannya mungkin sejarah akan makin sedikit peminatnya.

Dalam komik yang dibuat oleh Dania ini, sejarah Graffiti coba diringkas menjadi rangkaian gambar bercerita. Tapi sepertinya penekanan komik ini tidak pada sejarahnya namun pada ilustrasi yang tersaji. Alur cerita  yang dinarasikan oleh Wild Drawing (wede), tokoh berkepala “grotesque” mirip topeng Halloween, terlalu singkat dan di beberapa bagian bahkan terkesan loncat-loncat.

Perkembangan sejarah graffiti dari berbagai belahan dunia coba dirangkum dan dijelaskan melalui gambar tapi sayangnya di bagian ketika Wede menjelaskan perkembangan grafitti di New York jalan cerita menjadi sedikit melompat.  Sejarahnya tidak sampai tuntas diceritakan lalu langsung beralih ke tempat lain, yang juga sejarah perkembangannya tidak dibahas banyak sehingga kurang terlihat keterkaitan antara perkembangan graffiti di satu tempat ke tempat lainnya. Terkesan tanggung  dan  kurang menghantarkan. Menggembirakannya di bagian belakang ada glosarium berisi istilah-istilah di dunia graffiti yang informatif dan disertai referensi buku-buku yang dipakai dalam penyusunan komik ini.

Bagi yang menyukai gambar, ilustrasi, dan graffiti pasti akan menyukai buku komik ini. Sayangnya tidak terlalu memuaskan untuk yang mengharapkan sebuah komik sejarah beralur cerita kuat. Tetapi setidaknya dengan membaca komik yang informatif ini tidak lagi memunculkan pertanyaan paradoks, “Graffiti itu seni atau vandal ya?”

No comments:

Post a Comment